Browsing Category Masalah Kehamilan

Rekomedasi Makanan Kaya Asam Folat bagi Ibu Hamil

Rekomedasi Makanan Kaya Asam Folat bagi Ibu Hamil

Saat hamil Aqsa dulu, saya ingin semuanya berjalan dengan baik. Semuanya tentu karena kehamilannya merupakan kehamilan yang ditunggu-tunggu. Mimpi saya adalah ingin memberikan apapun yang terbaik dari fasilitas kesehatan, perlakuan, hingga nutrisi makanan untuk janin. Apalagi di 2 kehamilan sebelumnya pernah bermasalah hingga keguguran. Makanya saya nggak mau kehamilan yang ketiga bermasalah juga apalagi sampai kekurangan nutrisi.

Continue Reading
0 Comments

Cerita Kehamilan Ketiga: Terserang Flu dan Bakteri

Cerita Kehamilan Ketiga: Terserang Flu dan Bakteri

Awal kehamilan ketiga ini entah mengapa badan terasa ringkih. Ada saja yang jadi keluhan dan memang masih tersisa trauma serta keparnoan kalau ada sedikit saja keluhan dari badan. Satu hal yang paling nggak bisa saya lupakan adalah saat ketularan flu di minggu-minggu ke 10 lalu disambung dengan terkena bakteri yang mengakibatkan susah ngapa-ngapain.

Continue Reading
1 Comment

Ketika Mereka Bertanya “Kapan Punya Anak?” pada Perempuan yang Pernah Keguguran

Ketika Mereka Bertanya “Kapan Punya Anak?” pada Perempuan yang Pernah Keguguran

Dalam delapan tahun terakhir ini rupanya pertanyaan dengan kata “kapan” sangat sering terdengar di kuping saya. Mulai dari kapan lulus, kapan kerja, kapan nikah, kapan punya rumah, kapan beli mobil, sampai kapan punya anak. Trus gimana rasanya? Buat sesekali sih oke, tapi kalo pertanyaan yang sama diulang-ulang mulu kok ya kesannya jadi bosan dan ganggu ya.

Continue Reading
38 Comments

Living with Uterus Bicornis

Living with Uterus Bicornis

Dalam beberapa postingan saya sebelumnya, saya pernah menulis kalo dokter memvonis saya memiliki rahim kembar atau rahim dua rumah atau uterus bicornis. Sebenarnya vonis ini bukan baru saja dinyatakan karena hamil Adik kemarin, tapi sejak pascamelahirkan Azka, dokter menemukan bahwa rahim saya ternyata dua rumah atau ada dua.

Pas hamil Azka, dokter mungkin belum ngeh kalo saya memiliki uterus bicornis, tapi pas hamil Adik, dari awal dokter udah bilang kalo saya punya uterus bicornis dan memang agak worry. Makanya sejak awal hamil Adik, di data rekam medis saya sudah digambar dengan jelas bentuk rahim saya seperti hati. Dokter juga sudah wanti-wanti sama saya buat periksa ke spesialis fetomaternal (untuk kehamilan berisiko tinggi) nantinya pada saat usia kehamilan empat dan tujuh bulan. Tetapi ternyata takdir berkata lain, belum sapai umur delapan minggu ternyata Adik harus kembali ke Sang Maha Pencipta karena ternyata kehamilan saya blighted ovum.

Continue Reading
0 Comments

Jangan Menyerah! Akulah Sang Pejuang

Jangan Menyerah! Akulah Sang Pejuang

Hidup saya bak drama akhir-akhir ini. Drama sedrama-dramanya. Saya juga menjelma bak drama queen. Tapi beneran deh, kehilangan anak membuat hidup itu menjadi penuh drama, suram, lemah, putus asa, selalu meratapi nasib, hingga dihinggapi trauma. Lebay? Yah mungkin bagi banyak orang dibilang lebay tapi percayalah bahwa kehilangan anak yang sudah dinantikan itu bagai kehilangan semangat hidup.

Continue Reading
0 Comments