Pertanyaan-Pertanyaan Seputar Program Hamil yang Sering Ditanyakan

Pertanyaan-Pertanyaan Seputar Program Hamil yang Sering Ditanyakan

Semenjak program hamil ketiga dan berhasil dengan output berupa Aqsa (udah kek barang aja nih), saya sering banget dapat DM mengenai pertanyaan seputar program hamil. Untungnya, saya masih telaten sih balasin satu per satu tapi ya itu kadang pertanyaan yang masuk mirip-mirip. Jadi saya berasa repetisi ngetiknya. Kadang juga malah ada DM yang kelewat dan baru kebaca beberapa minggu kemudian. Kasihan juga sih kalau memang membutuhkan jawaban.

Nah, biar enak dan menuntaskan rasa penasaran para pejuang momongan yang sedang atau mau promil, saya sarikan aja pertanyaan-pertanyaan yang sering masuk ke DM saya ya. Ini saya buat sedetail mungkin. Namun kalau nantinya ada yang mau ditanyakan lebih lengkap lagi bisa tulis aja di kolom komen.

Baca Juga:   FAQ Tentang Program Hamil

Cusss kita mulai aja…

Promil berapa kali sampai bisa berhasil punya anak?
Yang resmi sih 3 kali.

Emang ada yang nggak resmi?
Hahaha, ada. Yang sekali datang trus ngabur aja nggak diterusin.

Promilnya dimana aja?
Promil pertama kedua di Klinik Yasmin RSCM Kencana, promil ketiga di Sammarie Healthcare Wijaya. Promil yang nggak resminya di RS OMNI Pulomas.

Baca Juga:   Dealing with Trauma

Lho emangnya kenapa ´kabur´?
Soalnya itu bukan klinik khusus buat promil, jadi yang datang kesana malah kebanyakan periksa kehamilan. Sayanya jadi terintimidasi gitu karena nggak ada yang senasib.

Promil sama dokter siapa aja?
Di Klinik Yasmin sama dr Budi Wiweko SpOG(K)Fer, di Sammarie Wijaya sama Prof. dr T.Z. Jacoeb SpOG(K)FER, di OMNI sempat sama dr Caroline Tirtajasa SpOG(K)FER.

Baca Juga:   Berbagai Pertimbangan Sebelum Memilih Dokter Kandungan

Promil dari usia pernikahan berapa?
Enam bulan, karena saya tahu ada yang nggak beres dari tubuh saya bahkan sejak sebelum menikah yaitu haid nggak teratur.

Normalnya promil emang tahun ke berapa pernikahan?
Kalau kata saya bebas sih, tapi yang dianggap pasangan infertil itu kalau sudah 1 tahun menikah, tidak LDR, tidak KB, melakukan hubungan seksual secara berkala, tapi tidak kunjung hamil. Biasanya kalau di bawah 1 tahun, dokter masih nyuruh santai dan senang-senang dulu aja. Pertanyaan ini juga pernah saya bahas di postingan sebelumnya tentang FAQ Program Hamil.

Promilnya alami, insem, apa IVF?
Selama ini masih alami, belum pernah nyobain insem atau IVF.

Pernah kepikiran nyoba insem atau IVF nggak?
Pernah, karena nggak sabar gitu kok nggak berhasil-berhasil. Tapi trus mikir lagi, kalau mau insem atau IVF kan juga pasti semua ´diperbaiki´ dulu dan dalam kondisi yang normal (waktu itu kepikirannya pas masih ada perlengketan di rahim dan belum juga haid)

Pas promil disuruh ngapain aja sih?
Standarnya sih cek lab buat ngecek hormon dan sperma (ini yang sudah pasti). Lain-lainnya kayak HSG, cek darah lengkap, cek urine, tes TORCH, dan tindakan lain biasanya menurut kebijakan dokternya.

Baca Juga:   Cerita Program Hamil Ketiga: Menghadapi Berbagai Tes Laboratorium

Emangnya beda dokter beda treatment?
Iya, pas promil pertama saya dan suami cuma suruh tes hormon dan sperma. Yang kedua malah cuma cek hormon aja, sperma nggak usah karena katanya udah pernah berhasil hamil ini. Baru promil ketiga yang cek macam-macam.

Cek hormon emang apa aja hormon yang dicek?
Prolaktin, FSH, LH sih biasanya.

Trus ketahuan kenapa nggak masalahnya?
Iya, hormon prolaktin saya tinggi pas promil 1 & 2. Pas promil 3 lebih kompleks lagi masalahnya.

Emang angka prolaktinnya mencapai berapa?
Promil 1 sekitar 70an sekian, promil 2 mencapai 99, promil 3 mencapai 84. Normalnya angka prolaktin maksimal 24.

Baca Juga:   Hallo Hiperprolaktin

Pengobatan hiperprolaktin gimana?
Sejauh ini saya minum obat sih. Minum caberlin, obatnya kecil khusus buat penurun prolaktin dan manjur banget. Harga 1 butirnya 120-170 ribuan tergantung belinya dimana. Pernah juga minum Cripsa yang diminumnya harian.

Minum obat penurun prolaktin ada efek sampingnya kah?
Ada, mual muntah sih. Pas awal minum Caberline mual banget, saya sampai seminggu kerja nggak masuk 2 hari-masuk-nggak masuk lagi sehari dan dicurigai bolos, hahaha. Kesini-kesininya sih udah semakin kebal. Di promil 3 dokternya malah kasih obat antimual tapi nggak saya minum sih.

Buat nurunin prolaktin ada treatment lain nggak selain minum obat?
Saya pernah nanya ke dokternya, katanya sih nggak ada. Kuncinya ya minum obat plus jangan stress biar bisa cepat turun hormon prolaktinnya. Tapi saya pernah baca katanya barengi dengan olahraga juga, entah beneran apa nggak ya saya dengan senang hati juga berolahraga. Logikanya, kalau olahraga kan menghasilkan oksitosin yang bikin bahagia jadi kitanya juga nggak gampang stress. Gitu aja, sih.

Emang kenapa sih kok hormon prolaktinnya tinggi?
Nggak ngerti juga, kayaknya berhubungan sama kerja otak gitu-gitu deh. Mungkin teman atau pembaca yang dokter bisa menjelaskan, hahaha. Tapi saya pernah nanya dulu pas promil kedua, katanya bisa jadi akibat keseringan minum obat. Sakit dikit minum obat jadi bisa memicu ketidakseimbangan hormon ini.

PCO juga nggak, Mbak?
Nggak sih sejauh ini. Saya nggak ada kista yang mengganggu juga. Saya cuma ada miom 2 cm aja tapi nggak mengganggu proses promil ataupun hamil.

Biaya buat promil berapa sih?
Tergantung dengan siapa dan dimana promilnya. Tergantung treatmentnya juga apa aja. Sebagai perbandingan, promil 1 & 2 (tahun 2014-2015) biaya dokternya subspesialis 250ribu. Sedangkan promil 3 (tahun 2016-2018) biaya dokternya professor 550ribu. Itu sebagai gambaran buat biaya dokternya aja per sekali kontrol belum sama yang lain-lain kayak tindakan, administrasi, USG, atau obat.

Baca Juga:   Cerita Program Hamil Ketiga: Tip Mempersiapkan Keuangan untuk Program Hamil

Jadi harus nyiapin budget berapa duit nih buat promil?
Kalau alami mungkin 20-50 juta kali ya. Itu buat biaya kontrol plus jaga-jaga kalau ada tindakan apa. Kalau bisa cari dokternya yang bagus sekalian, subspesialis jadi puas. Promilnya jangan setengah-setengah trus pindah lagi ganti dokter. Sebagai pertimbangan, pas promil 3 biaya tes lab lengkap pertama saya aja keluar 17 juta. Mantab, udah kayak mancing mania. Itu sih yang paling berasa. Tapi semuanya balik lagi pada dimana dan dengan siapa promilnya serta tindakan apa aja yang dilakukan. Btw, ini hitungan kalau promil alami ya bukan IVF atau insem. Kalau mau IVF atau insem pastinya lebih dari itu.

Pas promil emang minum obat apa aja?
Banyak, promil 1 dan 2 sih cuma vitamin dan penurun prolaktin. Promil 3 obatnya macam-macam dari penurun prolaktin sampai obat virus TORCH. Suami juga minum obat juga.

Baca Juga:   Cerita Program Hamil Ketiga: Baca Hasil Lab dan Panen Obat

Emang suami kenapa?
Pas dicek sperma, sebenarnya normal spermanya cuma suka bergerombol aja kalau kata dokternya ‘doyan ngerumpi’ dan daya tahan hidupnya 18 jam. Makanya disarankan berhubungan setelah magrib atau di malam hari. Malah nggak disarankan di pagi hari.

Kalau promil suami juga ikut diperiksa ya?
Ya iyalah, kan bikin anaknya berdua masa yang periksa cuma satu orang. Paling nggak, suami disuruh cek sperma.

Kalau suami nggak mau ikutan cek gimana?
Obrolin baik-baik, paksa, atau mungkin memang dia belum siap buat punya anak atau belum siap buat ngeluarin dana banyak buat promil.

Promil sampai berhasil hamil berapa lama?
Promil 1 dan 2 palingan cuma 3-5 bulan udah hamil tapi ya itu hamilnya nggak sampai selesai, promil 3 hampir 2 tahun baru berhasil hamil.

Baca Juga:   Cerita Program Hamil Ketiga: Bertahan Promil 2 Tahun

Selama 2 tahun itu, minum obat terus?
Mostly, iya.

Ada efek sampingnya nggak minum obat?
Sejauh ini nggak kerasa efek sampingnya apa yang berarti banget. Palingan pas proses minum obatnya ya mual buat obat penurun prolaktin. Trus saya juga imbangi sama minum air putih yang banyak. Kasihan juga kan ginjalnya karena sehari saya bisa minum 8-10 kali obat.

Kok yang promil 3 lama banget sampai bisa hamil?
Karena banyak yang harus ´dibenerin´. Pertama benerin perlengketan bekas kuret hamil kedua yang BO trus benerin hormon trus ada terapi TORCH trus ada benerin antibodi sperma juga. Pelan-pelan sih stepnya karena dokternya detail banget.

Perlengketan itu karena apa?
Perlengketan di rahim kemungkinan karena scar bekas kuret yang mengakibatkan saya nggak haid selama hampir 2 tahunan. Perlengketan itu harus dibuka terlebih dahulu biar saya bisa haid, setelah haid baru bisa dilakukan tes-tes selanjutnya. Pakai viagra yang dimasukkan lewat vagina. Tiap bulan dimasukkan 10 viagra selama sekitar 6 bulan baru kebuka perlengketannya.

Baca Juga:   Cerita Program Hamil Ketiga: Bersahabat dengan Viagra

Kuncinya bisa betah/tahan promil 2 tahun apa?
Sabar dan ikhlas aja, nggak ada hasil yang mengkhianati usaha.

Kalau ditotal, biaya promil 3 berapa?
Hmmm, berapa ya. Mungkin sekitar 30-50 jutaan. Nggak sampai 100 juta kok kalau promilnya aja (nggak pakai biaya melahirkan dan setelahnya). Itu juga karena saya harus selalu minum obat TORCH, tapi kalau sehat nggak ada TORCH mungkin bisa lebih murah biayanya.

Biaya yang paling besar buat apa?
Mostly obat dan cek lab sih. Saya minim tindakan kayak mikrokuretase atau HSG itu nggak dilakukan.

Jadi belum pernah HSG?
Belum, waktu itu nggak dikasih rekomendasi buat HSG atau mikrokuretase.

Kok bisa nggak HSG atau mikrokuretase?
Hmmm nggak tahu ya, mungkin karena pernah hamil juga.

Jadi cek labnya apa aja?
Cek darah lengkap, urine, TORCH, sperma, sperma campur darah, FSH & LH di hari ke 7/8 dari HPHT dan prolaktin di hari ke 21/22 setelah HPHT. Tes hormonnya dilakukan semuanya di 1 siklus haid ya.

Hasil dari cek labnya gimana?
Cek urine dan darah mayoritas bagus. TORCH IgGnya yang positif tapi itu juga angkanya kecil walaupun tetap harus terapi karena bisa jadi hamil-hamil yang dulu nggak berhasil karena TORCH ini. Sperma normal hanya suka bergerombol dan kemampuan hidupnya 18 jam. Hormon FSH & LH normal. Hormon prolaktin tinggi melebihi batas tapi nggak sampai angka 100 (kalau sampai atau di atas 100 harus langsung MRI). Antibodi sperma tinggi.

Selama promil sambil terapi TORCH juga?
Iya

Minum obat apa aja?
Banyak, dari valvir, spiramicyn, viadoxin, hmmm apalagi ya lupa pokoknya banyak deh

Antibodi sperma tinggi sampai berapa?
Banyak, puluhan ribu. Saya udah pernah tulis. Cek ya di tulisan saya tentang ILS.

Baca Juga:   Cerita Program Hamil Ketiga: Suntik ILS dan Tes ASA

Trus suntik ILS donk?
Iya

Sampai berapa kali suntik?
Total 6 kali suntik. Enam kali itu 2 cycle, 1 cycle ILS 3 kali suntikan. Setelah 3 kali suntikan itu cek ASA (sperma campur darah). Cycle pertama selesai cek ASA masih tinggi trus saya disuruh lanjut suntikan lagi. Setelah suntikan yang ke-4 ketahuan hamil, tetap disuruh lanjut sampai 6 kali suntikan buat mencegah keguguran. Setelah selesai 6 kali (2 cycle) nggak disuruh cek ASA lagi karena sudah hamil.

Sakit nggak suntik ILS itu?
Banget, lebih sakit dari epidural kalau kata saya sih.

Baca Juga:   Cerita Kehamilan Ketiga: Menghadapi Persalinan Caesar

Pas selama periode suntik ILS itu menghindari makanan penyebab alergi yang disarankan pas Food Respon Test?
Iya tapi ya nggak banget-banget sih. Saya disarankan nggak boleh makan ayam negeri, udang, sama kopi. Udang sih bisa karena jarang makan seafood. Saya juga bukan coffee lover. Yang susah justru ayam negeri ini. Kalau lagi makan atau ada acara di luar yang menunya nggak ada ayam kampung ya terpaksa makan ayam negeri cuma saya batasi sih.

Saran dan anjuran lain pas ILS gimana?
Ya dilakukan, kayak misal berhubungan hanya pas masa subur selain itu pakai pengaman, soalnya biar terapinya juga berjalan maksimal. Buktinya qadarullah saya hamil pas ILS ini.

Selama ILS jadi sering sakit nggak kan antibodinya dilemahkan?
Nggak sih, sehat-sehat aja.

Selama promil pernah ikhtiar selain ke dokter nggak?
Nggak sih. Banyak yang menyarankan pijat tapi saya nggak mau dan suami nggak boleh. Nggak pernah juga minum jamu, shinsei, atau akupuntur. Pure dokter aja sejauh ini. Palingan ditunjang sama hidup sehat sih.

Hidup sehatnya gimana?
Ya nggak yang banget-banget ketatnya. Cuma saya sarapan buah, makan siang dan malam biasa aja tapi makan malam di bawah jam 19.00. Menghindari cemilan manis juga trus strict banget terhadap kenaikan berat badan karena takutnya berpengaruh ke hormon. Selama promil asli deh saya takut gendut karena takut berpengaruh ke hormon. Trus saya juga olahraga, yang ringan-ringan aja sih macam home workout atau zumba di rumah modal Youtube.

Baca Juga:   Mencoba Hidup Sehat Tanpa Tapi...

Biar nggak stress selama promil gimana?
Jalanin dengan ikhlas trus berkumpulah dengan circle pertemanan yang bikin kita jadi berkembang dan nggak memandang kita dari punya anak atau nggak.

Trus gimana menyikapi orang yang nyinyir mulu kalau kita belum hamil?
Kuncinya itu cuek, masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Kedengarannya sepele tapi susah lho jalaninnya. Tapi kalau udah dijalanin ya, it works! Toh mereka nggak membiayai program hamil kita ini jadi nggak punya hak buat menghakimi. Intinya sih, BE HAPPY!!

Oke, jadi itu dia beberapa list pertanyaan yang sering banget ditanyakan sama saya baik via DM atau whatsapp oleh sahabat-sahabat pejuang dua garis. Sepertinya sih udah lengkap ya dan hampir menyeluruh ke semua proses promil saya. Tapi kalau ada yang terlewat dan lupa buat ditulis, coba ditanyakan dan tulis di kolom komentar aja.

Semangat para pejuang momongan!!!

 

 

 

 

1 Comment
Previous Post
Next Post