Rekomendasi Wisata Kuliner Semarang Antimainstream

Rekomendasi Wisata Kuliner Semarang Antimainstream
Semarang merupakan salah satu kota tujuan jalan-jalan yang saya suka. Selain karena unsur kedaerahan yaitu sebagai ibukota Jawa Tengah, provinsi di mana saya menghabiskan bertahun-tahun hidup di sana, banyak kerabat dan juga sanak-saudara saya yang ada di Semarang. Oleh karena itu, saya nggak pernah bosan setiap datang ke Semarang, lagi, dan lagi.

Bicara tentang Semarang, nggak cuma bicara soal tempat-tempat wisatanya yang banyak dan bervariatif, tetapi juga jangan sampai lupa dengan aneka kulinernya. Menghabiskan waktu liburan di Semarang sayang banget kalau sampai melewatkan kuliner-kulinernya yang super ueenak.

Baca Juga:   Pengalaman Pertama Orang Jawa Tengah ke Semarang

Bicara soal kuliner Semarang, bukan hanya soal lumpia, wingko, bandeng presto, atau gandjel rel. Ada banyak tempat-tempat kuliner di Semarang, baik itu yang legendaris, khas, hingga makanan kekiniannya yang tidak boleh ketinggalan. Nah, berikut ini beberapa destinasi tempat kuliner Semarang yang mungkin belum banyak orang ketahui namun bisa dijadikan tujuan ketika berwisata atau sekadar mampir di Semarang.

Ayam Goreng Pakne Heksa

(Sumber foto:helmavania.wordpress.com)

Ayam adalah makanan yang disukai sejuta umat baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Olahan ayam dengan cara digoreng adalah olahan ayam yang paling popluler dan masuk ke segala kalangan. Nah, jika kalian sedang ada di Semarang jangan lupa juga untuk mencicipi olahan ayam goreng yang khas dan sudah terkenal lezatnya di sana. Salah satunya adalah Ayam Goreng Pakne Heksa. Warung ayam goreng ini berada di Taman Kuliner Ventura, tepatnya di Jalan Ki Mangunsarkoro No.15, Semarang.

Baca Juga:   Icip-Icip Fast Food Rasa Timur Tengah di Chicking Ayam Top Dubai

Selain menyajikan ayam goreng dengan bumbu yang sudah terkenal enak dan bercita rasa gurih di lidah sejak berpuluh tahun lamanya, warung ayam goreng sini memiliki ciri khas tekstur ayamnya yang sangat lembut. Selain itu, paduan bumbu-bumbu rempahnya yang beraneka macam membuat ayam goreng ini menjadi sangat lezat dan pastinya akan membuat kalian ketagihan jika sudah merasakannya. Oh ya, satu lagi yang membuat warung makan Pakne Heksa ini mudah dikangenin adalah sambal coleknya yang enak yang disajikan langsung di atas cobek.

Warung makan ini tidak hanya menawarkan menu ayam goreng saja melainkan ada beberapa menu lainnya yang bisa pengunjung pilih seperti udang, lele, bebek, dan burung dara goreng.  Bagaimana, udah ada rasa pengen atau ngiler-ngiler dikit nggak sama Ayam Goreng Pakne Heksa ini?

Bakmi Jawa Pak Ateng

(Sumber foto: idntimes.com)

Bakmi Jawa memang nggak ada matinya. Jika sedang pulang kampung atau jalan-jalan di daerah Jawa Tengah atau Jogja, warung bakmi jawa adalah salah satu kuliner yang pengen saya cicipi. Nah, di Semarang ternyata juga ada warung bakmi jawa yang terkenal. Tak hanya terkenal, warung ini juga legendaris yaitu Bakmi Jawa Pak Ateng. Jika kalian sedang di Semarang dan ingin menikmati seporsi Bakmi Jawa Pak Ateng, kedainya berlokasi di Jalan Ki Mangunsarkoro, Karangkidul.

Baca Juga:   ´Hidden Gems´ Kuliner Kutoarjo

Bakmi Jawa Pak Ateng ini diracik dengan menggunakan kuah kaldu ayam kampung yang sangat enak serta dilengkapi pula dengan daging ayam yang telah disuwir-suwir, sayuran, dan juga telur. Sama halnya dengan kebanyakan bakmi jawa di area Jawa Tengah, cara memasaknya pun khas dan masih sangat tradisional yaitu dengan menggunakan kompor tungku atau anglo dan dibakar dengan arang. Aroma khas bumbu bakmie yang dimasak di atas tungku sudah deh nggak ada duanya lagi, bikin hidung tergelitik dan lidah nggak sabar buat mencobanya. Kalian penasaran? Cusss langsung saja kalau ke Semarang mampir ke tempat ini.

Kampoeng Semawis

Kampoeng Semawis ini berada di area Pecinan, Semarang. Jangan ditanya lagi apa saja kuliner yang ada di sana karena sangat banyak kuliner khas dan legendaris di Kampoeng Semawis. Kedai-kedai di Kampoeng Semawis ini buka setiap hari Jumat sampai Sabtu dari pukul 18.00 hingga tengah malam waktu setempat. Jadi, paling enak memang ke Kampoeng Semawis saat akhir pekan karena akan banyak sekali makanan yang dijual di sana.

Baca Juga:   Telisik Unik Imlek, Keliling sambil Belajar Sejarah dan Budaya Tionghoa di Jakarta

Di Kampoeng Semawis kamu bisa menemukan berbagai makan dari makanan ringan hingga makanan berat. Makanannya juga beragam dan berasal dari berbagai daerah, mulai dari makanan Indonesia sampai makanan mancanegara. Beberapa makanan yang dijual di tenda-tenda di Kampoeng Semawis, antara lain: martabak manis, churros, nasi goreng, sosis, pizza, burger, kebab, cakue, es teler, es durian, es buah, wedhang tahu, wedhang ronde, Korean pancake, dan masih banyak lagi. Kampoeng Semawis ini layaknya pasar malam di Semarang. Selain menjual aneka makanan, di tempat ini juga menjual aneka kebutuhan sandang dari baju, jilbab, sandal, hingga sepatu.

Wedang Tahu Pak Ahmad

(Sumber gambar: idntimes.com)

Selain makanan berat dan camilan, aneka wedangan juga tersedia di Semarang. Wedangan ini cocok banget dikonsumsi saat malam hari apalagi saat udara dingin. Salah satu wedangan yang recommended di Semarang adalah wedang tahu Pak Ahmad. Wedang tahu adalah minuman yang terbuat dari campuran gula Jawa dan jahe serta dilengkapi pula dengan isi kembang tahu yang terbuat dari sari kedelai. Tekstur kembang tahu yang dimasukkan dalam wedang jahe ini sangat lembut pada saat disantap. Apalagi kalau disantap pada saat malam hari, tubuh akan menjadi hangat karena terdapat campuran jahe dan juga gula Jawa.

Wedang tahu ini dibanderol dengan harga yang cukup murah. Untuk bisa menikmati sajian minuman seperti ini kalian cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 5.000 saja untuk porsi mangkuk yang kecil. Warung lesehan wedang tahu Pak Ahmad ini berlokasi di Samping Nasmoco Gombel tepatnya di Jalan Bukit Raya.

Gimana? Sudah penasaran dan kepengen banget liburan ke Semarang? Saya sih sudah banget bahkan sudah bikin rencana dengan suami buat sekalian menjenguk adik ipar saya yang baru melahirkan di Semarang. Untuk ke Semarang, salah satu fasilitas transportasi yang paling mudah adalah menggunakan pesawat.

Jadi, jika kalian ingin mengunjungi Semarang dalam tahun ini terlebih lagi dalam waktu dekat maka nggak perlu pusing-pusing lagi untuk memikirkan tiket pesawat sebab saat ini Citilink Traveloka sudah menawarkan banyak tiket murah yang bisa dipilih. Begitu juga dengan pemesanan tiket pesawat Citilink, di mana kalian bisa memesannya melalui online tepatnya dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Untuk itu, apapun kebutuhan kalian Traveloka bisa menjadi solusi yang tepat dalam pemenuhan tiket pesawat terlebih lagi untuk maskapai Citilink. Cinta banget deh sama Traveloka ini.

Baca Juga:   Pasangan Halal yang Ingin Traveling Hemat, Yuk Intip Dulu Tipnya Di Sini!

Stay safe ya yang sekarang masih terus di rumah untuk work from home. Tapi jangan lupa, rencanakan jalan-jalanmu nanti kalau wabah virus ini sudah benar-benar hilang. Dan Semarang boleh banget lho jadi tujuan yang pertama.

 

6 Comments
Previous Post
Next Post