5 Tiruan Gaya Berhijab Ibu Pejabat

Dulu, zaman duluuu banget, saya sering baca tabloid wanita langganan ibu saya dan mengamati gaya berpakaian ibu-ibu pejabat. Zaman dulu juga masih sedikit pejabat perempuan atau istri pejabat yang berhijab. Sekalinya berhijab, model hijabnya membungkus rambut sasakan yang menjulang tinggi atau model jipon alias jilbab poni (berjilbab tapi masih kelihatan poninya).

Namun lain dulu lain sekarang. Kalau sekarang justru sudah banyak pejabat perempuan atau istri pejabat yang berhijab. Bahkan rata-rata dari mereka berhijab. Mereka juga punya gaya berhijab sendiri. Ada yang nyaman pakai jilbab instant atau bergo, adapula yang nyaman menggunakan hijab yang dipasang sendiri. Kalau diamati, beberapa orang punya ciri khas sendiri dalam memakai hijabnya. Tanpa mereka sadari, model hijab yang dipakai ini secara konsisten mereka gunakan setiap hari. Jadi nggak salah kalau akhirnya jadi identik. Satu kata yang bisa mewakili model hijab ibu pejabat ini adalah SIMPLE.

Seringnya saya lihat ibu atau istri pejabat memakai kerudung segiempat. Rata-rata sih berbahan katun paris atau satin. Sangat jarang saya lihat ibu atau istri pejabat yang menggunakan pashmina diuntel-untel atau dililit kesana-kemari. Yah mungkin ada satu atau dua orang. Kalaupun ada kadang mereka gunakan untuk keperluan yang lebih formal. Namun, dalam kehidupan sehari-hari rata-rata dari mereka memakai hijab segiempat untuk menutupi mahkotanya.

Nah, penasaran dengan gaya hijab para ibu dan istri pejabat, saya pun iseng-iseng mencontek 5 gaya berhijab ala ibu pejabat ini. Dari sekian buanyaakk, kepilihlah 5 orang ini karena gaya berhijabnya khas. Selain khas, foto mereka juga mudah ditemukan baik di google atau social media (instagram). Jadi inilah 5 tiruan gaya hijab ala ibu pejabat.

1. Atalia Praratya

Ngomongin gaya berhijab sudah pasti nggak bisa lepas dari ‘Si Cinta’-nya Kang Ridwan Kamil. Bu Atalia, begitu ia biasa disapa memiliki gaya berhijab yang cukup khas. Bahkan dulu sampai ada istilahnya yaitu kerudung si cinta.

Sumber gambar: instagram @ataliapr

Gaya berhijab ibu dua orang anak ini cukup simple kok. Bu Atalia biasanya memakai kerudung segiempat polos atau sedikit aksen. Kerudung segiempat dibagi jadi 2 hingga berbentuk segitiga lalu disampirkan ke kepala kemudian diberi peniti di leher. Gaya pakai kerudung klasik. Tapi yang saya kagum, gaya berkerudungnya rapih banget apalagi di bagian pet. Bagian pet kerudung melengkung rapih dan tegak. Sementara sisa kerudung di bagian dada dililitkan ke leher dan sisi satunya dibiarkan menutupi dada. Agar rapi, Bu Atalia biasanya memasukkkan sisi satu yang masih menjuntai ke bagian dalam pakaiannya.

Saat pertama kali mau menirukan gaya berhijab Bu Atalia ini saya pikir mudah, ternyata nggak lho. Buat mendapatkan pet yang rapih, saya nyetrika kerudungnya dulu which is ini di luar kebiasaan saya (makanya pet kerudung saya suka kusut karena ada bekas lipatan). Setelah udah disetrika tetap saja saya nggak bisa bikin bentuk hijab kayak punya Bu Atalia. Selidik punya selidik ternyata dalaman hijab saya yang bikin bentuk kerudungnya nggak mendukung. Setelah nggak pakai dalaman akhirnya taraaaa, saya pun bisa bikin model kerudung ala Atalia Kamil. Tapi ini pas bagian melilitkan ke leher, sengaja nggak begitu saya kencangkan karena ternyata sesak, sist! Gimana gaya saya? Udah cocok buat foto-foto di kertas suara belum?

yang ini rada failed karena body saya nggak sesingset Bu Atalia, hahaha

2. Airin Rachmi Diany

Dulu beberapa kali lihat ibu yang satu ini mondar-mandir ke KPK waktu saya masih kerja. Mengesampingkan berbagai kasus yang ada di sekelilingnya, Bu Airin ini emang aslinya cantik. Lha gimana lagi kalau nggak cantik ya nggak bakal masuk sebagai Finalis Putri Indonesia 1996. Sampai sekarang pun beliau masih cantik walau usianya tak muda lagi.

Sejak beberapa tahun yang lalu, saya suka banget perhatiin bagaimana Bu Airin pakai hijab. Cara pakai hijabnya simpel banget. Bahan yang dipakai biasanya hijab-hijab satin dengan motif yang lumayan berwarna-warni. Hijab segiempat itu dibagi dua jadi segitiga lalu dipasangkan di kepala dan diberi peniti di sisi leher. Sementara itu, sisa-sisa kain yang menjuntai di bagian depan dimasukkan ke dalam bajunya. Biasanya, Bu Airin menggantungkan kacamatanya di bagian atas blouse-nya. Sudah gitu aja simpel.

Sumber gambar: Google

Saya pun pengen meniru gaya Bu Airin. Walaupun kelihatannya simpel tapi ternyata susah juga meniru gaya berhijab Bu Airin. Apalagi kalau kerudung yang dipakai berbahan licin seperti satin. Alhasil, biar mendapatkan hasil akhir mirip dengan Bu Airin saya pun nggak pakai dalaman saat memakai hijabnya. Dan taraaaa, ini dia hasilnya. Mirip nggak? Ehmm, gaya berhijabnya ya, bukan wajahnya. Kalau dari wajah sih jauh banget.

3. Khofifah Indar Parawansa

Gaya berhijab (mantan) Menteri Sosial yang sekarang sedang sibuk di bursa Pilkada ini memang klasik banget. Saya sih menyebutnya gaya berhijab anak pesantren. Dulu pas sekolah saya juga pakai hijabnya model kayak begini sih kayaknya. Yang khas adalah lipitan hijab di kanan dan kiri serta pet yang tidak menjulang tinggi. Mungkin kalau bisa dibilang ini adalah gaya berhijab tahun 90-an, dan Bu Khof, begitu saya biasa menyapanya, mempertahankan gaya berhijab seperti ini.

Alhamdulillah sudah tiga tahun kita kerja bersama bersinergi berusaha melayani dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Jika ada yang puas, ada yang merasa kurang, tentu saya dan tim Kementerian Sosial mohon maaf. Kami sudah kerja keras lahir batin berikhtiar membaktikan diri demi nusa dan bangsa. Tiga tahun ini, sejumlah lompatan inovasi berhasil dilakukan Kementerian Sosial. Satu diantaranya, melakukan revolusi penyaluran bantuan sosial (bansos) non tunai sejak juni 2016. Terobosan ini dilakukan dengan harapan akan ada perbaikan sistem penyaluran bansos sehingga terwujud percepatan kesejahteraan. Doakan pemerintahan ini tetap berjalan baik dan amanah. Doakan pula Presiden @jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta seluruh menteri di kabinet kerja mampu mengemban tugas dan tanggung jawab dari seluruh masyarakat Indonesia dengan baik dan tanpa cela. Tentu ahirnya dapat terwujud kesejahteraan, keadilan dan kebahagiaan masyarakat Indonesia.

A post shared by khofifah indar parawansa (@khofifah.ip) on

Sebenarnya nggak sulit buat berhijab dengan gaya ala Bu Khof, hanya saja lipitan di kanan dan kiri kepala harus sejajar biar rapih. Dulu sering saya intip Bu Khof kala doorstop, ternyata beliau memakai dalaman pet jadi terlihat rapih. Tak lupa untuk mempermanis penampilannya, Bu Khof menyematkan bros di pundak kirinya. Sedangkan jilbab yang biasa ia pakai adalah jilbab katun paris polos.

Ketika meniru gaya berhijab Bu Khof, rasanya memang nggak terlalu sulit. Walau saya nggak punya dalaman pet, akhirnya bisa juga menirukannya tetapi lagi-lagi memang harus nggak pakai dalaman atau ciput biar kelihatan mirip. Pas pakai hijab model ini, rasanya saya kayak lagi dandan mau ke sekolah pas pelajaran agama zaman SMA (sekolah saya dulu cuma pakai hijab pas hari-hari ada pelajaran agamanya).

Biar tambah mirip dengan style-nya Bu Khof, suami mengarahkan saya buat meniru mimik mukanya beliau. Gimana jadinya? Mirip nggak style hijabnya?

4. Desy Ratnasari

Pelantun lagu Tenda Biru ini awalnya nggak masuk list pejabat perempuan yang model hijabnya pengen saya tiru. Pas lagi mau foto baru deh suami saya bilang kenapa nggak niru gayanya Desy Ratnasari, dan saya baru ngeh kalau Teh Desy ini sekarang anggota DPR. Awalnya agak sulit buat cari fotonya Teh Desy karena ia nggak punya social media. Untungnya ada akun fanbase-nya dimana ada banyak foto ibu satu orang anak ini. Dan ternyata gaya hijabnya Teh Desy khas dan konsisten banget dari waktu ke waktu. Akhirnya saya coba tiruin aja deh.

Teh Desy menggunakan hijab mode katun paris polos di banyak kesempatan. Namun, walaupun jenis hijab yang dipakai sama dengan mayoritas ibu pejabat lain tapi Teh Desy punya gaya berhijab yang khas. Hijab segiempatnya memang dilipat menjadi 2 berbentuk segitiga tetapi tidak ia pasangkan di kepala dan diberi peniti di leher.

Teh Desy lebih memilih menggunakan hijab seolah-olah itu adalah hijab berbentuk segitiga yang cuma disampirkan di kepala. Untuk menutupi leher, telinga, dan rambut, politisi ini menggunakan ciput ninja sebagai dalaman hijabnya. Warna ciputnya pun disesuaikan dengan warna hijab yang ia pakai. Bagian kain yang menjuntai di sisi kiri disampirkannya ke pundak kanan. Sementara itu bagian kain di sisi kanan dibentuk menjadi layer atau bergelombang dan diberi bros mungil di kepala bagian sampingnya.

Buat saya, nggak sulit kok buat meniru gaya Teh Desy ini. Yang penting adalah jilbabnya rapih dan nggak kusut. Saya justru nggak punya inner ninja yang senada dengan warna jilbab yang saya pakai. Tapi nggak apa-apa lah ya, jadinya nggak failed. Jadi gimana? Desy Ratnasari atau Dewi Ratnasari nih?

kalo yang ini Dewi Ratnasari, bukan Desy Ratnasari

5. Adelia Pasha

Agak sulit menemukan gaya khas berhijab ibu pejabat yang satu ini soalnya hampir semua postingan instagramnya endorse (btw, aku jadi penasaran kalau istri pejabat publik aslinya boleh terima endorse nggak sih?). Tapi setelah ditelusuri, saya bisa ambil salah satu gaya berhijabnya mantan pramugari ini. Gaya berhijab istri Wakil Walikota Palu ini sesungguhnya mirip sama gaya berhijab saya sehari-hari.

gaya berhijab kayak gini persis gaya berhijab zaman saya SMA

Hijab yang biasa Adel pakai adalah hijab berbahan satin dengan corak printing yang cukup meriah. Memakainya pun gampang, seperti layaknya memakai hijab segiempat hanya saja bagian kain yang menjuntai di depan dada diikat menggunakan sejenis ring dengan tulisan ‘Adelia’. Gampang banget lah pokoknya.

Pun pas saya coba ini adalah model hijab yang paling gampang dan ‘gue banget’. Adel terkadang menggunakan dalaman yang bagian depannya terlihat di separuh jidat. Dalaman yang dipakai berbahan rajut. Karena saya nggak punya inner rajut, saya pakai saja inner berbahan kaus yang sehari-hari saya pakai. Sementara untuk cincin pengikatnya, saya pakai cincin-cincinan yang saya beli dari sekolahan adek saya dulu. Iya, ini cincin udah lama banget. Dulu saya beli harganya Rp 500 dan masih berguna sampai sekarang. Gimana gaya berhijab saya udah mirip belum sama Adel?

contoh yang gaya hijab Adelia yang saya ambil gambarnya pas dia nggak pakai inner

Itu dia keisengan saya menirukan gaya berhijab 5 pejabat perempuan dan istri pejabat. Menurutmu, yang paling mirip yang mana ya? Komen ya di kolom komentar.

 

22 Comments
Previous Post
Next Post