Mau Serius Ngeblog? Yuk, Berinvestasi Beberapa ‘Peralatan Perang’ Blogger

Sejak aktif ngeblog saya jadi akrab sama gadget seperti laptop dan ponsel. Dulunya saya kira ngeblog itu cuma butuh laptop saja buat mengetik. Ternyata setelah terjun langsung dan serius di dunia blogging, saya jadi sadar kalau jadi blogger itu kompleks banget. Apalagi sekarang blogger kadang bisa juga jadi buzzer. Maka nggak heran apa-apa yang ada di tangan blogger itu dekat dengan kecanggihan.

Untuk menghasilkan sebuah tulisan yang bagus dan viral ada beberapa ‘peralatan perang’ yang dibutuhkan. Nah, buat yang ingin serius ngeblog nggak ada salahnya nabung dulu pelan-pelan buat membeli beberapa ‘peralatan perang’ untuk menunjang kegiatan ngeblog. Ini dia list ‘peralatan perang’ blogger yang direkomendasikan untuk dimiliki:

1. Smartphone

Para blogger sepertinya wajib berterima kasih pada penemu ponsel pintar alias smartphone. Pasalnya, dari alat yang satu ini banyak aktivitas ngeblog bisa dilakukan seperti nge-draft, posting tulisan, memotret, edit foto, share tulisan, hingga me-manage social media. Iya, blogger zaman sekarang memang tidak bisa dipisahkan dari social media karena selain sebagai media untuk menyebarluaskan postingan, banyak blogger juga bertindak sebagai buzzer. Apalagi kalau datang ke acara-acara bloger, keberadaan smartphone jadi sangat penting.

Dengan smartphone blogger bisa melakukan livetwit atau posting instagram. Smartphone dengan kamera yang mumpuni juga bisa menggantikan keberadaan kamera. Hanya dengan smartphone seorang blogger bisa memotret di acara-acara blogger tanpa harus repot-repot bawa DSLR atau mirrorless.Β Jadi, keberadaan smartphone buat blogger itu penting banget. Kalau dengan smartphone sudah bisa posting, motret, dan maintenance social media sudah cukup sih sebenarnya. Tapi kalau ingin dapat hasil yang lebih bagus dan maksimal mending nulis dan motret pakai alat sendiri biar smartphone nggak kerja berlebihan.

Oh ya, saran saya sih kalau untuk blogger mending pakai smartphone yang berbasis android atau IOS soalnya kalau windows phone kadang tidak support dengan aplikasi tertentu. Sedangkan Blackberry so yesterday banget. Eits tapi jangan remehkan keberadaan Blackberry ya soalnya smartphone yang satu ini sangat membantu untuk livetwit karena enak banget buat ngetik. Konon, jagoan-jagoan livetwit lebih senang kalau ngetik menggunakan Blackberry jadul.

2. Komputer

Komputer ini mencakup laptop, netbook, notebook, ataupun PC. Komputer bisa dipakai buat nge-draft, posting, mengedit foto, bikin infografis, sampai editing video. Kegiatan-kegiatan itu lebih gampang dilakukan menggunakan komputer yang menurut saya layarnya lebih ngejeblak ketimbang smartphone. Soalnya kalau smartphone juga memiliki keterbatasan tertentu seperti bentuknya yang terlalu kecil buat beraktivitas. Memang sih lebih praktis dan simpel tapi lama-lama lelah juga di mata.

Ngomong-ngomong soal laptop, laptop yang saya gunakan buat ngeblog sekarang pun bukan laptop saya. Sebelumnya, saya ngeblog menggunakan netbook punya suami. Karena netbook terlalu lemot saat digunakan untuk mengedit foto, saya beralih pakai laptop yang kapasitasnya lebih besar. Kebetulan di rumah ada laptop nganggur punya kantor dimana suami saya kerja freelance. Akhirnya laptop itu saya pakai sampai sekarang dan berjasa banget buat kegiatan blogging saya. Duh, nggak tahu deh rasanya kalau laptop itu kelak dikembalikan ke pemiliknya. Saya pasti sedih.

3. Modem

Buat saya, modem itu ‘peralatan perang’ yang penting banget buat ngeblog. Kalau modem habis kuota internetnya sih nggak masalah karena bisa diisi lagi, lha kalau mati atau rusak? Saya suka uring-uringan kalau benda yang satu ini sampai nggak bisa nyala apalagi saat menjelang deadline. Meski bisa tertolong sama tethering dari handphone tapi tetap saja keberadaan modem membantu banyak dalam proses ngeblog saya.

modem Bolt saya sudah disumpal dan tutupnya entah kemana
modem Bolt saya sudah disumpal dan tutupnya entah kemana

Saya paling suka modem yang gampang untuk dibawa kemana-mana. Jadi, kalau setiap ada acara blogger dan sinyal provider handphone nggak bagus, modemlah penolongnya. Modem yang saya punya bentuknya udah nggak karuan karena baterainya bocor. Sempat ganti baterai sekali tapi ternyata tidak banyak menolong dan butuh sumpalan kertas di sana-sini biar tetap menyala. Modem saya juga nggak boleh jatuh atau tersenggol sedikit saja karena bisa menyebabkan kertas penyumpalnya bergeser. Nah, kalau kertasnya bergeser sedikit saja bisa susah saat dinyalakan kembali. Sampai sekarang saya masih bertahan dengan kondisi modem yang seperti itu dan belum berniat beli yang baru. Eh tapi kalau ada yang mau nyumbang modem baru buat saya, saya terima dengan senang hati lhooo.

4. Kamera

Kamera menjadi penting keberadaannya buat blogger. Untuk menghasilkan gambar yang bagus dalam postingan pasti butuh kamera yang mumpuni selain skill memotret yang pastinya oke. Memang sih smartphone dengan kamera yang memiliki pixel tinggi sudah bisa memotret dengan bagus tapi alangkah baiknya jika blogger berinvestasi di kamera yang bagus juga. Walaupun sudah ada situs-situs penyedia gambar drngan CC0, tetap saja foto original yang bagus masih dibutuhkan pada postingan. Apalagi kalau postingannya tentang review suatu barang.

Selain untuk memotret, kamera bisa juga digunakan untuk merekam video. Apalagi sekarang banyak blogger yang melebarkan sayap menjadi vlogger. Kalau sudah seperti ini persaingannya, maka keberadaan kamera menjadi penting.

Kamera yang bagus untuk blogger tentulah yang digital karena sangat praktis. Untuk kualitas foto yang bagus, kamera DSLR atau mirrorless jadi pilihan. Foto yang bagus juga menghasilkan feedΒ Instagram yang kece. Jadi, nggak menyesal deh kalau berinvestasi di benda yang satu ini. Saya beruntung sekali bisa dapat kamera mirrorless dari hadiah lomba blog. Smartphone dengan kamera yang bagus pun saya punyai dari hasil ngeblog. Bagian ini saya paling bahagia karena bisa memiliki ‘peralatan perang’ ngeblog dari hasil tulisan saya sendiri.

5. Powerbank

Kalo alat yang satu ini bisa dibilang peralatan tambahan. Buat saya, powerbank diperlukan saat ada kegiatan blogger seharian dan banyak beraktivitas menggunakan handphone. Jadi, handphone mudah low batt dan pertolongan pertamanya ya colokin ke powerbank. Namun, kebanyakan saya jarang menggunakan powerbank soalnya saya terbiasa mengisi baterai sampai penuh saat akan bepergian atau datang ke acara blogger. Akhirnya si powerbank tersimpan manis aja deh di dalam tas. Oh ya, sama seperti kamera dan ponsel, saya mendapatkan powerbank juga dari kegiatan blogging. Saya memeroleh powerbank berkat dapat doorprize di suatu acara.

Itulah beberapa ‘peralatan perang’ blogger yang cukup penting artinya buat saya dan direkomendasikan untuk kalian yang akan berkecimpung di dunia blogging. Nggak usah memaksakan diri untuk memiliki semuanya terlebih dahulu, semua berproses kok. Saya pun begitu. Semangatlah ikut lomba-lomba menulis yang berhadiah gadget atau peralatan-peralatan tersebut sekaligus mengasah kemampuan kita menulis. Kalau belum menang juga, menabung dari hasil ngeblog saja pelan-pelan. Niatkan, pasti ada jalan. Selamat berinvestasi ‘peralatan perang’ ya.

ratna dewi

44 Comments
Previous Post
Next Post